Geliat pariwisata di Tulungagung bisa kita temukan di desa-desanya. Salah satu desa yang menjadi tujuan wisata di Tulungagung adalah desa Sukoharjo. Di desa ini terdapat sumber air Sumberece yang jernih.

Sumberece kini telah menjadi ikon bagi desa Sukoharjo. asal muasal tempat ini dijuluki Sumberece berawal dari cerita-cerita dari masyarakat yang mencoba menenggelamkan muka di sumber air tersebut. Mereka yang menenggelamkan air tersebut tiba-tiba melihat uang receh dengan jumlah yang banyak di dalam air. Itulah yang terjadi sehingga kemudian sumber air tersebut dijuluki Sumberece.

Sumberece selain sebagai tempat wisata juga digunakan untuk mngeiri sawah oleh para petani dan sumber air minum bagi warga. Sumberece sendiri mulai dibuka kepada publik sebagai tempat wisata sekitar 4 tahun yang lalu. Di tahun depan, warga Sukoharjo memiliki rencana akan mengembangkan potensi Sumberece dengan merenovasi di beberapa bagian agar terlihat lebih indah lagi. Diharapkan nantinya, Sumberece bisa menjadi tempat wisata yang menarik dan menghasilkan pemasukan bagi kas desa.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?